Batik dalam Kehidupanku

Written on 06.09 by Ali Asidqi 's Blog





   Batik? “Batik” itu apa sih? Hahaha! Bila di negeri sakura ada yang namanya kimono, nah di Negara tercinta ini kita punya yang dinamakan dengan batik

Kata batik diambil dari kata “ambatik”, yaitu kata “amba” (bahasa jawa) yang berarti menulis dan “tik” yang berarti titik kecil, tetesan, atau membuat titik. Jadi, batik adalah menulis atau melukis titik dengan canting tentunya. Secara umum, membatik adalah sebuah teknik menahan warna dengan lilin malam secara berulang-ulang di atas kain.

Batik merupakan lukisan di atas kain yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Pada awalnya, batik hanya dikenal oleh kalangan keraton. Batik terdiri dari berbagai motif dan setiap motif merupakan simbol bagi pemakainya, seperti motif-motif parang dan kawung yang hanya boleh dikenakan oleh keluarga kerajaan.

   Batik memiliki banyak sekali corak tegantung pada wilayahnya. Batik menurut tekniknya dapat dikelompokan menjadi:
  • Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
  • Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
  • Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

   Tetapi selain diterapkan pada baju, sebenarnya batik bisa diterapkan ke benda/objek lainnya juga! Misal pada tembok, hiasan kue, dll. Batik adalah salah satu kekayaan bangsa Indonesia yang paling indah dan unik. Bahkan biasanya pada hari kamis, Pelajar Jawa Barat wajib menggunakannya sebagai seragam (lihat contohnya saya lagi berpose)

   Batik juga adalah baju yang merakyat dan gayanya boleh juga. Di dalam undangan pernikahan, biasanya para tamu diperkenankan untuk memakai baju berbatik. Dalam soal harga, jika kita lihat baju batik yang paling murah, baju batik biasanya tidak akan sampai ratusan ribu. Biasanya juga bapak-bapak jika ingin belanja baju pasti mampir dulu di toko batik. Sekarang dengan kemajuan IPTEK belanja batik jadi jauh lebih mudah dengan adanya layanan jual-beli batik secara online (batik online).

Batik adalah baju/busana yang telah dikenal oleh Negara luar. Saya juga cukup bangga sebagai Indonesia karena di luar negri batik tidak hanya dikenal melalui festival, butik batik, atau toko saja, tetapi bisa melalui internet juga. Batik sangat pantas masuk kedalam kebudayaan internasional yang patut dilindungi jadi UNESCO menetapkannya sebagai “WarisanKemanusiaan untuk Budaya Lisandan Nonbendawi” (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity)  sejak 2 Oktober 2009.

Sejauh ini, sebenarnya tidak ada yang perlu dicemaskan tetapi tetap saja batik tidak terlalu masuk dalam kehidupan sehari-hari. Misal anak-anak zaman sekarang jika pergi ke "mall" saja mereka merasa malu menggunakan baju batik. Justru, mengenakan batik itu mempunyai trend tersendiri juga dan seharusnya merekalah yang malu bahwa mereka tidak mempunyai kebudayaan yang unik dan keren! Masa generasi baru malah kalah dengan generasi lama. jadi, intinya nasib batik yah belum bisa dipastikan, apakah buruk atau baik. Yang jelas mari kita gunakan batik dalam kehidupan kita sehari-hari!

Referensi:
-http://id.wikipedia.org/wiki/Batik
-http://batikcrb.blogspot.com/2009/04/apa-itu-batik.html



If you enjoyed this post Subscribe to our feed

2 Comments

  1. Artha Amalia |

    itu posenya lucu :D

    Ada festival di Jember loooh :)

     
  2. Anonim |

    Waahh, good luck ya kak Ali

     

Posting Komentar

Mohon komentarnya disini aja!

Get widget
Powered By Blogger